RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : V / I
Alokasi waktu : 2 X 35 menit
A. Standar Kompetensi
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat
makanan
B. Kompetensi Dasar
2.1
Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
C. Indikator
·
Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai
fotosintesis
·
Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk
membuat makanan
·
Mengetahui hasil dari proses fotosintesis
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui
penggunaan media gambar :
·
Siswa dapat Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai
fotosintesis
·
Siswa dapat Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk
membuat makanan
·
Siswa dapat Mengetahui hasil
fotosintesis
E. Materi Bahan ajar
Proses Tumbuhan Hijau Membuat
Makanan
Dalam
membuat makanannya, tumbuhan dibantu dengan cahaya. Proses pembuatan makanan
pada tumbuhan dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis. Dalam proses fotosintesis
bahan – bahan yang dibutuhkan adalah air, karbon dioksida, klorofil dan energi
cahaya.
Hasil
dari fotosintesis adalah makanan berupa karbohidrat. Makanan tersebut diedarkan
ke seluruh tubuh tumbuhan. Makanan digunakan misalnya untuk tumbuh, berkembang
biak, dan sebagian disimpan sebagai makanan cadangan. Hasil lain dari
fotosintesis yaitu berupa oksigen dikeluarkan ke udara sehingga udara banyak
mengandung oksigen.
F. Metode Pembelajaran
- Tanya jawab
- Demonstrasi
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal ( 5 menit )
·
Memberi salam
·
Mengabsen
·
Apersepsi
Mengajukan
pertanyaan : Berasal dari manakah oksigen yang kita hirup setiap hari?
2.
Kegiatan
Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
Ø Guru menyampaikan hasil yang akan dicapai
pada pembelajaran yang akan dilakukan
Ø Guru
menjelaskan
tentang proses fotosintesis melalui
gambar.
Ø Siswa menyimak
penjelasan guru
Ø Siswa dan guru melakukan tanya jawab
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tulisan.
Ø Memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa
takut
Ø Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
Ø Memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik
Konfirmasi
Ø Melakukan tanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
3.
Kegiatan Akhir ( 15 menit )
- Guru mengadakan
evaluasi
H. Media / Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : LKS dan Alat
Evaluasi
Alat : infocus, slide, Gambar
daun, akar, batang, dan proses fotosintesis
Sumber belajar : Buku Sains Kelas V, penerbit Erlangga
I.
Penilaian
1.
Prosedur :
Awal : Apersepsi
Proses : Mengamati
proses keaktifan siswa dalam pembelajaran
Akhir : pos tes
2.
Jenis tes : Tertulis
3.
Bentuk tes : isian
Soal tes
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Proses pembuatan makanan pada
tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya disebut …
2. Sebutkan 4 komponen yang diperlukan
tumbuhan untuk membuat makanannya!
3. Sebutkan 2 hasil dari proses
fotosintesis!
4. Tumbuhan mengambil air dari dalam
tanah dengan cara menyerapnya melalui …
5. Zat hijau daun yang diperlukan
tumbuhan untuk mengolah makanan disebut …
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Fotosintesis
|
10
|
2
|
Air
Karbon
dioksida
Klorofil
Energi
cahaya
|
40
|
3
|
Oksigen
Karbohidrat
|
30
|
4
|
Akar /
rambut akar
|
10
|
5
|
Klorofil
|
10
|
Total skor
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar