Kamis, 30 Maret 2017

COntoh RPP Tematik kelas 1 Tema Keluarga KTSP 2006



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
 
Satuan Pendidikan                              :
Mata Pelajaran / Tema                         : Keluarga
Kelas / Semester                                  : I / I
Alokasi waktu                                     : 2 X 35 menit

A.    Standar Kompetensi :
IPS                          
·         Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling  menghormati   dalamkemajemukan keluarga.     
Matematika          
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
Bahasa Indonesia  
·         Berbicara  : Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.

B. Kompetensi Dasar  :
 IPS 
·         Menceritakan pengalaman diri
Matematika :
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
 Bahasa Indonesia :
·         Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita

C. Indikator
·         Menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman.
·         Memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20.
·         Menceritakan isi  serta menjawab pertanyaan seputar isi bacaan.
D. Tujuan  Pembelajaran
·         Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman.
·         Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20.
·         Siswa dapat menceritakan isi  serta menjawab pertanyaan seputar isi bacaan.

E.  Materi Bahan ajar
·         Peristiwa masa kecil
·         Oprasi hitung bilangan.
·         Membaca nyaring.

F.  Metode Pembelajaran
-   Tanya jawab
-   Ceramah

G. Langkah-langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan awal ( 5 menit )
·         Memberi salam
·         Mengabsen
·         Apersepsi
2.  Kegiatan Inti ( 50 menit )
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan menyimak dongeng yang dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri.
F Mengemukakan pendapat tentang perilaku  tokoh pada dongeng tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan  dan pengurangan untuk megungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata.
F Mengerjakan soal penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.      Kegiatan  Akhir ( 15 menit )
-   Guru mengadakan evaluasi

H.   Media  / Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : LKS dan Alat Evaluasi
Alat    : Gambar benda
Sumber belajar
·         Buku Matemtika kelas I, penerbit Erlangga
·         Buku IPS kelas I, penerbit Erlangga
·         Buku Bahasa Indonesia, Penerbit Erlangga

I.      Penilaian
1.    Prosedur :
Awal                      : Apersepsi
Proses                    : Mengamati proses keaktifan siswa dalam pembelajaran
Akhir                     : pos tes
2.    Jenis tes         : Tertulis
3.    Bentuk tes      : isian



Soal test
Pak Hartono memelihara kambing
Ada 10 kambing besar
Dan ada 6 kambing kecil
Kambing kambing itu dipelihara di dalam kandang
Pak hartono memiliki 2 orang anak
Andi dan dino
Andi dan dino  ikut membantu memberi makan kambing kambing itu


Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1.      Siapa yang memelihara kambing?
Jawab :  ………………….
2.      Berapa jumlah kambing pak hartono?
Jawab :  ………………….
3.      Dimana kambing itu dipelihara?
Jawab :  …………………
4.      Siapa nama anak pak hartono?
Jawab :  …………………..
5.      Apa tugas andi dan dino?
Jawab :  ……………… …..
No
Kunci Jawaban
Skor
1
Pak Hartono
20
2
10 + 6 = 16
20
3
Di kandang
20
4
Andi dan Dino
20
5
Membantu memberi makan kambing
20

Total skor
100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP KSE Berdiferensiasi

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   Satuan Pendidikan       : SD Negeri 195 Pekanbaru Kelas / Semester           :   VI /Genap...