Jumat, 16 Juli 2021

Contoh RPP Berdiferensiasi (Daring)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DARING)

 

Satuan Pendidikan          :  SDN 195 Pekanbaru

Kelas / Semester            :  6 / 2 (genap)

Tema                    :  7 ( Kepemimpinan)

Sub Tema                :  1 ( Pemimpin di Sekitarku)

Muatan Terpadu            :  PKn, IPS

Pembelajaran ke            :  3

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

 

1.     Melalui video yang dikirimkan melalui pesan WhatsApp, siswa mampu mengidentifikasi peran Indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi dengan benar. (Bagi siswa yang mempunyai android dan paket internet)

2.    Melalui bacaan, siswa mampu mengidentifikasi peran Indonesia di ASEAN dalam bidang ekonomi dengan benar. (Bagi siswa yang tidak mempunyai HP android dan menjemput tugas di sekolah)

3.    Melalui diskusi dengan orang tua, siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan dengan benar.

 

 

B.     SUMBER BELAJAR

 

1.     Aplikasi Whatsapp

2.     Buku panduan pegangan guru tematik kurikulum 2013 kelas 6 tema 7

3.     Buku murid tematik 2013 kelas 6 tema 7

 

C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

        Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian menggunakan chat di aplikasi WhatsApp (untuk siswa yang belajar secara daring)

        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Kegiatan Inti

Untuk murid yang belajar daring melalui aplikasi WhatsApp :

1.       Murid diminta berdiskusi dengan orang tua tentang mengidentifikasi nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari dengan berpedoman pada buku tematik kelas 6 tema 7 halaman 26.

2.       Murid diminta untuk melihat video yang dikirim melalui chat whatsapp

3.       Melalui chat di WhatsApp, siswa bertanya jawab tentang video pembelajaran yang dikirim.

4.       Murid diminta untuk menjawab pertanyaan di buku tematik kelas 6 tema 7 halaman 28 di buku latihan.

 

Untuk murid yang belajar luring dengan menjemput bahan pelajaran ke sekolah :

1.     Murid diminta untuk membaca bacaan yang diberikan oleh guru berupa ringkasan materi tentang Negara ASEAN.

2.    Guru memberikan kesempatan kepada murid jika ada yang belum dimengerti (waktu yang dizinkan sekolah adalah 15 menit untuk kegiatan tanya jawab dengan murid, kemudian murid disuruh pulang)

3.    Murid diminta untuk menjawab pertanyaan di buku tematik kelas 6 tema 7 halaman 28 di buku latihan di rumah masing-masing.

4.    Murid diminta berdiskusi dengan orang tua tentang mengidentifikasi nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari dengan berpedoman pada buku tematik kelas 6 tema 7 halaman 26.

 

Sebagai produk pembelajaran, murid kemudian diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada di buku dan menyebutkan nilai –nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari. (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan profil murid)

 

v  Untuk murid yang belajar daring, jawaban tentang materi Negara ASEAN ditulis di buku latihan, kemudian di foto dan dikirim melalui chat whatsapp. Selain itu, murid juga diminta menyebutkan sikap yang mencerminkan nilai ketuhanan di kehidupan sehari-hari melalui voice note di whatsapp.

 

v  Untuk murid yang belajar luring, tugas-tugas yang diberikan dibuat di buku latihan dan diantar kembali ke sekolah pada hari berikutnya. Baik itu tugas tentang Negara ASEAN maupun tentang sikap yang mencerminkan nilai ketuhanan di kehidupan sehari-hari.

 

Kegiatan Penutup

        Guru memberikan umpan balik kepada murid.

        Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa, dsb).

 

D.               PENILAIAN

Sikap                      :  Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas.

 

Pengetahuan           : Menunjukkan pengetahuan tentang nilai ketuhanan dan kegiatan negara ASEAN

 

Keterampilan          : Menyajikan hasil analisis tentang nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan negara ASEAN

 

Strategi dan Alat Penilaian:  PenilaianSikap

-          Strategi: Observasi

-          Alat: Catatan Anekdot

 

Nama murid

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

 

-          Strategi: Unjuk kerja

-          Alat:  Checklist

 

Contoh Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan

 

Indikator

Checklist

Catatan

Sangat baik

Baik

Cukup baik

Perlu bimbingan

Pengetahuan

Dapat menjawab 6 pertanyaan pada buku siswa dengan benar.

Dapat menjawab 4 atau 5  pertanyaan pada buku siswa dengan benar

Dapat menjawab 2 atau 3 pertanyaan pada buku siswa dengan benar

Dapat menjawab 1 pertanyaan pada buku siswa dengan benar

 

Pengetahuan tentang ASEAN dan peran Indonesia dalam

 

 

 

 

 

Keterampilan Menulis

Sangat baik

Baik

Cukup baik

Perlu bimbingan

Catatan tambahan terkait diferensiasi

Struktur kalimat

 

 

 

 

 

Kosakata

 

 

 

 

 

Kreativitas

 

 

 

 

 

 

 


 

Lembar Kerja Siswa

 

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan menyimak video/bacaan!

1.     Negara apa saja yang masuk dalam wilayah Asia Tenggara?

2.    Negara apa saja yang masuk dalam anggota ASEAN?

3.    Apa sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN?

4.    Apa produk yang dihasilkan dan diekspor oleh setiap negara anggota ASEAN?

5.    Apa produk yang diimpor tap negara ASEAN?

6.    Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP KSE Berdiferensiasi

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN   Satuan Pendidikan       : SD Negeri 195 Pekanbaru Kelas / Semester           :   VI /Genap...